Kamis, 19 November 2009

Lampu Mati? Bukan masyalahhh......

Dulu...kalo lampu mati, aku dah pusing...jangankan anak2...para anjing di rumah, yang ukurannya gede2 itu....juga panik.com
wah, asalkan lampu mati, diriku harus standby digelayuti kanan kiri oleh anak-anak, sedangkan para anjing? weee...bukan urusan yah.
Ga enak juga kali, digelendoti sama jaguar yang segede beruang itu.
senter, lilin, hape, dan apapun yang ada unsur penerangan, pasti kami bawa sana-sini. Tidak termasuk kompor gas, pastinya.
Tambah lagi, sudah hampir 2 bulan ini, ada pemadaman bergilir. Awalnya sih, pemadaman cuma berlaku setiap hari selasa. Jadi, kalo sudah hari selasa, dengan semangat tinggi, kami bakalan mandi dan beraktivitas sesore mungkin. Mandi, makan, apapunlah. Jadi, begitu lampu mati, kami standby di kamar dan cukup mendengarkan Jaguar yang mondar-mandir bingung di bawah sana.
Aku sedang berpikir bagaimana kalo di kandangnya Jaguar ditaro aja emergency lamp gitu, tapi, entah kenapa, suamiku menolak mentah-mentah. Malah, katanya aku ini aneh...hmmm...
Biarpun kami sudah kaya rombongan apa gitu...hmmm, rombongan sirkus kali ya, kemana-mana bareng, dempet-dempetan, anak-anak tetep ajah ga nyaman kalo gelap begini. Beneran loh...dan sialnya, sudah sebulan lebih ini, setiap kali listrik padam, (eh, tumben gue pake bahasa keren...'padam'...), bapaknya anak-anak pas aja ada kegiatan luar. Entah itu pertemuan, urusan kerja, nganter mertua ke dokter, atau apapun lah...jadilah tinggal aku dan anak2 di rumah. Hanya bertiga. Ribuan, kalo diitung sama Jaguar,Lony,Olive, para ayam, para babi, atao penghuni sawah lainnya...
tapi anak-anak tetep bilang, "mereka ga usah dhitung mama!!!!" kenapa ya?
Ah, pokoke, dulu itu, berat kasusnya kalau lampu mati.
Vina ketakutan...Mesha juga.
Mungkin, mereka sama seperti aku. Aku emang ga gitu nyaman ama suasana gelap. Tapi berhubung ada anak-anak, aku ga mungkin sok imut en turut serta ketakutan, kan?
Bayangkan, kalo aku pipis, itu wc dibuka lebar2 dan 2 makhluk aneh tersayang, jejer-jejer di pintu sambil berpelukan en menatapi aku. Kali pikirnya aku bisa ngilang gitu dari closet ya?
Yang ada, pipisku jadi ga pede mau keluar!
Naaahhh...2 minggu yang lalu, secara ga sengaja, aku nemuin cara ajaib yang bikin mereka ndak takut lagi. Bukan, bukan aku berusaha mengeluarkan aura cakra yang bersinar-sinar dari dalam tubuh aku (kayak di serial naruto itu...), tapi dengan bercerita.
Biasanya, setiap malam, sebelum bobo, well...oke,ga setiap malam sih...kalo bercerita, aku lebih sering pake buku anak-anak.
Berhubung keadaan gelap, kalo baca buku, belekan juga ni mata. Akhirnya aku mengandalkan bakat terpendam aku dalam hal membuat,merekayasa dan menghancurkan cerita.
Pokoke, sebisa mungkin aku membuat cerita lucu dan aneh.
Yang pastinya, kalo dicari, moral cerita ini sangat minim. Kadang nol besar, malah...
Atau joke-joke segar khas noge. Maklum, anak papua kan harus jago mop!
Tentu sesama anak papua, pada tahu mop si nangka?
nah...itu salah satu cerita favorit anak2. Ada juga pangeran kentut, ibu peri -manohara,dll. Jangan tanya gimana ceritanya. Aku asal cerita, pake tokoh2 yang lagi banyak diomongin, sama diselipin moral-moral baik lah...
Jadilah, lampu mati, tapi suasana kamar tetep rame.
Alhasil, jadwal pemadaman yang berkembang jadi 2x seminggu, nggak jadi masalah lagi buat kami.
Malah, kalo lampu tiba2 'pettt', Vina dan Mesha serentak berteriak..."hhhoooreeeeeeeeee, cerita yuk maaa...!!!"
dan, ohya, selasa kemaren, lampu tetep nyala, ga ada pemadaman. Entah kenapa. Sepanjang malam itu, mesha en Vina, dah sibuk nyiapin lilin. Mereka jadi kecewa deh. Tapi aku hadiahi dengan bacain buku baru yang kubeli paginya.
Memang, anak-anak tetep ceria. Tapi, rasanya, mereka tetap menunggu pemadaman.
hehehehehehe....tinggal Jaguar ajah yang ketakutan....

2 komentar: