Rabu, 15 November 2006

Kursi Indah Untuk Mama

Beberapa hari yang lalu, ada inseden kecil yang bikin aku ingat sesuatu...yang berhubungan dengan mama...

Dulluuu banget, waktu umurku sekitar 7 tahun gitu...aku masih tinggal di Kupang, NTT, tepatnya di daerah Tingkat I. Aku lupa tepatnya, yang pasti, sore itu, menjelang maghrib...langit sore dah semakin gelap...aku, mama dan mbak dewi jalan ber-3. Aku lupa dari mana. Yang pasti kami bertiga jalan kaki..dan saling bergandengan, mama di tengah2..diantara aku dan mbak dewi. Saat itu aku ingat mama cerita banyak hal, tentang jadi perempuan yang maju, dsb...

Terus terang aku juga bingung, kenapa aku bisa tiba2 saja ingat kejadian saat itu...bahkan aku ingat aku memakai baju warna pink...kedengarannya mengada2, tapi sungguh, aku bisa ingat dan hampir merasakan suasana yang hampir gelap saat itu...

Saat mendekati perempatan menuju rumah kami, kami melewati rumah yang lumayan bagus. Untuk masa itu, termasuk bagus malah. Rumah berpagar besi yang tidak terlalu tinggi (pagarnya), halaman rumput yang tidak terlalu luas, pohon2 dan bunga2 yang tidak terlalu banyak, tertata rapi. Dan saat itu, pintu depan rumah itu terbuka lebar...jenis pintu dengan 2 bagian...sehingga kami bisa melihat ruang tamunya secara langsung. Di sana ada satu set meubel antik yang benar2 cantik.

Tiba2 mama berhenti sebentar dan memandang ke dalam...aku pikir mama memperhatikan tanaman anggrek yang ada di bagian samping...mama suka anggrek...trus setelah beberapa menit berdiri, mama mengajak kami berjalan lagi. Trus mama ngomong gini "kursi yang ada di ruang tamu tadi bagus sekali ya?" kira2 begitulah yang diucapkan mama. Intinya mama suka sekali...bahkan mama sempat bilang kalo mama pingin punya kursi seperti itu.

Malamnya, entah bagaimana, apa yang diucapkan mama, masih terngiang jelas di telingaku...bahkan aku bertekad suatu hari nanti, aku ingin bisa membelikan mama kursi yang cantik itu...Biarpun tidak mirip, yang penting kursi yang cantik dan indah...untuk mama.

Tapi cuma malam itu...ya tekadku cuma sampai malam itu. Karena setelah malam itu, aku tidak ingat lagi. berhari-hari lewat, bahkan tahunan, puluhan tahun lewat...aku udah gak ingat lagi...

Sampai beberapa hari yang lalu, saat anakku Vina bilang, "mama, nanti ina mau beliin mama meja yang kayak punya kak wahyu ya..."

'deg'...tiba2 semuanya teringat begitu saja...Mungkin aku diingatkan...bahwa aku pernah berkhayal bahwa saat aku dewasa nanti, aku ingin memberi kebahagiaan buat mamaku...Tapi ternyata...rasanya aku belum mewujudkan itu...

Ah mama....

4 komentar:

  1. sweet memories ya..... salam kenal...

    BalasHapus
  2. Memang sudah human being, kita selalu berjanji begini begitu ... dan hasilnya sering kelupaan :)

    Peristiwa2 semacam yang kamu alami kadang sangat diperlukan, untuk mengingatkan kita apa yang sudah lupa kita ucapkan dan belum kita lakukan.

    Nice share ...

    BalasHapus
  3. segala sesuatu akan indah pada waktunya, just wait, the moment will be coming soon:)

    BalasHapus
  4. duh.. bacanya ampe nyess gitu non :)

    BalasHapus