Rabu, 18 Oktober 2006

Selamat Jalan Pak Tito...

INNA LILLAHI WA INNA ILLAHI RODJI'UN...kata-kata itu yang pertama muncul di sms yang dikirim oleh wawan uloly, temenku di Jayapura-Papua...kaget? jelas...apalagi waktu baca kalimat berikutnya...ternyata yang meninggal ayahnya Bagus N.Baskoro (alias Ebez), pukul 11.00 WIT kemarin.
Terlepas dari persahabatan aku sama Bas...aku emang sempat 'terpana' sama sosok Pak Tito Cordias (alm). Beliau dulu sama-sama anggota BP3 aktif si sekolah...(SMP 2 Jayapura Selatan). Dan beliau cukup dekat sama bapakku, dan bapaknya Yudi Pondiutomo (Pak Eddy). Bapakku sempet bilang, baru2 ini, waktu aku dan bapak ngomongin tentang sekolahku dulu, kalau Pak Tito ini concern banget ama masalah perlengkapan sekolah anak2...dalam arti, kelengkapan kami dalam berbagai kegiatan sekolah. Seperti kemah, dsb.
Yang aku inget...Pak Tito adalah tentara...kalo gak salah, Kapten. Badannya tinggi dan tegap...Kesannya juga tegas dan (maaf) sangar. Itu kesan pertama. Padahal, waktu aku sempat ngobrol dengan beliau, tidak sesangar bayanganku. Mungkin karena penampilannya aja ya? Namanya juga kesan pertama. Suka salah.
Waktu itu aku sempat berpikir, masak sih Pak Tito ini ayahnya Baskoro? Mereka bertolak belakang sekali. Secara fisik, Bas emang berpotongan ABRI (dulu kan masih ABRI...). Tegap, iya sih...sedikit. Cukurannya juga. Tapi Bas cungkring...dan wajahnya juga cara ngomong dan tingkah lakunya...sweet banget, nget. Beda ama Wawan dan Wahyu...Kalo sama Daru, dari penampilan luar ya sama...tapi isi kepalanya beda...hehehehe...Daru pikirannya suka 'kemana-mana' (sory my Prince...). Dan satu lagi...Biarpun lumayan tegas, kita suka gak tahan kalo Bas mulai ngomong...agak gagap (semoga sekarang sudah tidak ya Bas).
Aku pikir, Bas mungkin cenderung ke perilaku ibunya, yang seorang Guru, dan beliau memang lembut sekali. Maniss banget...ngadepin kami yang agak nakal (disopankan), beliau cuma senyum2 aja, biarpun kami suka ngeledek Bas di depannya, beliau cuma senyum aja, gak tau kalo dalam hati pingin nimpuk...(maaf bu, saya yakin, ibu pasti tidak seperti itu...).
Aku sering melihat Pak Tito di areal sekolah. Jadi dulu diam-diam aku suka memperhatikan beliau. Kesannya beliau cuek gitu, padahal, sebenarnya beliau care dengan kami. Itupun setelah aku sering dengar percakapan bapak dan pak Eddy.
Aku juga heran dengan perbedaan kepribadian yang mencolok antara Bas dan ayahnya. Bas itu, lembut ngomongnya. Sahabatku yang paling manis...dulu dia nyebut aku di diary perpisahan saat smp (untukku)...dengan sebutan...cantik...(senengnya...) dia juga berlaku manis pada semua cewek. Tentu aja cewek2 yang ada di lingkungan kami aja loh...kalo di luar itu, dia jaim juga...bisa salah tafsir tu cewek-cewek...Aku juga ingat cewek pertama Bas...namanya Debby...manis sperti dia...
Eh....ini bukan cerita tentang Bas...ini tentang Pak Tito...
Lanjut yuukkss...
Biarpun dulu aku gak terlalu akrab dengan almarhum, dan aku juga yakin beliau mungkin tidak ingat lagi dengan sosok anak yang beliau ajak ngobrol di lapangan bulu tangkis saat aku sendirian karena pelajaran agama, tapi sosok beliau dan nama lengkapnya, ternyata masih aku ingat jelas. Rasanya aku jadi secret admirer ni...
Dan sebagai salah satu sahabat Bas...(yang sekarang ini juga jadi tentara, alhamdullilah... almarhum pasti bangga), aku ikut berbela sungkawa.
Aku yakin, banyak orang yang pastinya merasa kehilangan sosok Pak Tito Cordiaz..
Terutama ibunya Bas...semoga, Baskoro dan keluarga yang ditinggalkan akan diberi ketabahan dan keikhlasan...
Dan semoga almarhum diberikan tempat yang baik di sisinya...Aminnn...
Selamat jalan Pak Tito...

1 komentar:

  1. My deepest condolence to Ebes and his family in this sad time (don't make it that sad, anyway).
    Semoga almarhum mendapat tempat yang paling layak di sana. Amin.

    BalasHapus