Senin, 03 Januari 2011

Sick,Sick, Go Away....

Melewati hari minggu di rumah sakit....
Rencana hari minggu tanggal 2 kemarin adalah maturan ke Pura Uluwatu. Kabar tak enak datang dari uwak di denpasar...
Sekitar pk.03.30 subuh, beliau masuk rumah sakit karena muntah darah.
Sakitnya sudah lama, karena umur juga ya...tapi aku belum sempat kesana menjenguk. -Bentuk pembelaan diri, kenapa belum sempat? rasanya bukan karena sempat atau tidak- .
Secara spontan, kurubah rencana. Aku memilih bersama papa ke Denpasar, menjenguk sekaligus menemani uwak hari ini. Beberapa orang mengatakan, "apa bedanya? toh sehabis maturan akan mampir ke Rumah Sakit, jadi kenapa harus dari pagi ke sana? Kan sudah mengucap kata akan maturan?"
Jadi bimbang...
Suami bilang..."hati mama sudah ada di rumah sakit, bukan lagi ke tempat maturan...ikutin saja, menemani uwak, juga bentuk bakti kepada Tuhan, kan?"
'asisten' di rumah bilang "mama ina, ke sana aja, syukur kalau memang tidak ada apa-apa...tapi kalaupun ada apa-apa, kan tidak enyesal..."
aku langsung memilih ke Denpasar bersama papaku. Mesa bersamaku, suami dan Vina menemani rombongan sembahyang (janji sudah diucap kan?)
-benar2 tidak berniat ingkar, tapi aku hanya tidak ingin ada sesal, aku berhutang budi pada uwak yang setia menemani aku di hari-hari pertama aku menginjakkan kaki di Denpasar, dan mengurus pendaftaranku di SMU dulu,saat ortu masih mengurus kepindahan di Jayapura sana, lagipula, beliau uwak-ku, kan?-
Sehari di Rumah Sakit, melihat kondisi uwak, menemani beliau, mendengarkan setiap keluhan, memeluknya, menggenggam tangannya...membuat aku yakin...ini bukan pilihan yang salah. Kebetulan, Mesa yang biasanya rewel, sama sekali tidak rewel, malah dia suka ikutan membantu kalau uwak mau duduk, mau makan,dll.
Melewati waktu bersama papa, saling berbagi cerita, curhat, tertawa, saling menghibur...adalah bonus yang aku dapat hari ini.
Saat suami datang bersama rombongan, aku benar2 lega, lega karena aku tidak mengambil keputusan yang menyesalkanku...aku tidak hanya datang sebagai 'pengunjung tamu', tapi aku datang sebagai bagian dari keluarganya...
Di sela tidurnya, kami mendengar dia bicara "iya, koming datang...koming datang..." kemudian beliau senyum...dalam tidur...aku benar2 lega.
-oming ingin ada disana, tapi ada anak2 yang tidak bisa oming tinggal, tapi oming benar2 berharap uwak cepat sembuh-
walau, kami juga belum tahu, sebenarnya apa sakit uwak(menunggu hasil lab)
di perjalanan, suami baru memberi tahu, Aby, keponakanku, anak dari adik suamiku (yang sangat dekat dengan kami, yang memanggilku mama, yang merasa lebih punya hak atas diriku, dibanding mesha...)ada di Rumah Sakit Bangli, karena sesak...
aku benar2 lemes...
Menurut iparku, Aby sudah lebih baik, saat aku telepon, dia sudah tidur.
Ah, hati dan pikiranku benar2 belum sepenuhnya di rumah...
Please...Sick, sick, go away...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar